Rabu, 18 April 2018

TINJAUAN PUSTAKA TENTANG INTERNET


TINJAUAN PUSTAKA TENTANG INTERNET
Oleh: Arif Saeful Hikmat
(Mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan IPI)

http://www.goldenrural.org
A.    Pengertian Internet
Menurut Daryanto (2004:2), internet merupakan singkatan dari dua buah kata dalam bahasa Inggris, yaitu International Work (penghubung jaringan). Istilah internet berasal dari bahasa latin inter yang berarti jaringan antara atau penghubung. Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan telekomunikasi yang ada di seluruh dunia dan seluruh manusia yang secara aktif beradaptasi sehingga menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga. Jadi, definisi internet adalah hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya, Dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi yang menggunakan protocol standar yang berupa IP (interconnected protocol).
Sedangkan menurut Sidharta (dalam Talika, 2016:2), internet juga berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang ada seluruh dunia. Sidharta pada tahun 1996 memberikan gambaran akan definisi internet secara umum. Meskipun secara fisikteknologi ini adalah wujud dari perpaduan jaringan komputer-komputer dunia, internet perlu juga dipandang serius sebagai gudang informasi. Internet menjadi salah satu sumber daya informasi yang sangat potensial untuk  mempermudah sistem kehidupan. Bayangkan saja, kehadiran internet telah mampu melahirkan sebuah sistem kehidupan baru yang lain, atau di istilahkan dengan dunia maya. Dunia maya memiliki kemiripan yang sangat jelas dengan kehidupan nyata. Apa yang Anda lakukan di dunia nyata, saat ini bisa juga kita lakukan di dunia maya. Sebagai contoh aktivitas  bisnis online  yang dijalankan seseorang dengan memanfaatkan teknologi internet.
Dalam bukunya Oetomo (2002:52), menjelaskan bahwa internet adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung. Dalam Wikipedia, pengertian internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Winarno (t.t.:42), mengungkapkan internet adalah jaringan komputer yang jangkauannya seluas dunia. Hampir ditiap kota besar dan di daerah-daerah yang ada jaringan teleponnya sudah dapat dijangkau oleh jaringan internet. Dengan adanya internet satu komputer dengan komputer lain yang tempatnya saling berjauhan di seluruh muka bumi ini dapat saling berhubungan untuk saling bertukar data dan informasi.
Dari sekian banyak pengertian internet, dapat dilihat bahwa internet merupakan jaringan global dari sumber komputasi yang membentuk Superhighway, sehingga dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan informasi yang sedang berkembang saat ini.

B.     Sejarah Internet
Menurut Wikipedia, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

C.    Fungsi Internet
Kemajuan di bidang teknologi komunikasi khususnya dunia internet memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi jarak jauh, mengirimkan paket data dalam waktu singkat dan cepat, tanpa harus mendatangi tempat yang dimaksudkan. Pencarian berita dan informasi menjadi salah satu fungsi penting yang utama dalam dunia internet. Betapa tidak, ribuan bahkan jutaan orang dengan sukarela Upload data dan informasi setiap saat dari berbagai belahan dunia, sehingga bisa langsung dibaca dan dinikmati oleh seluruh umat manusia.
Dewasa ini kemajuan teknologi internet telah merambah ke segala bidang kehidupan, mulai dari bidang bisnis, hiburan, budaya dan bahkan pendidikan. Di zaman sekarang ini semakin dipermudah dengan adanya teknologi yang satu ini. Internet sejak perkembangan pertamanya telah merubah tatanan dan budaya hampir sebagian manusia diberbagai penjuru dunia. Meninggalkan segala pekerjaan yang bersifat manual dan mulai beralih kepada dunia digital (dalam hal ini internet). Fungsi internet pun semakin mengalami perluasan dari yang hanya sebagai pengirim data dan informasi pada awalnya, menjadi semakin berkembang mengikuti bidangnya masing-masing. Itulah internet, sebuah dunia yang sanggup mengubah dunia hanya dengan duduk dalam sebuah ruangan kecil sungguh ajaib.
Menurut Husein (2002:162), perkembangan internet yang semakin pesat tentu di karenakan ada fungsi yang mampu dirasakan oleh para server (penyedia layanan) maupun client (pengguna layanan). Ada beberapa fungsi dari internet yaitu:
1.    Sebagai alat komunikasi, para pengguna komputer dapat saling berkomunikasi melalui email, internet phone, IRC (internet relay chat).
2.    Saling resource sharing, pengguna komputer dapat mengakses langsung sumber data. Internet juga dapat digunakan untuk menyampaikan promosi, informasi penjualan dan lain-lain.
3.    Sebagai resource discovery, digunakan untuk mencari indeks dari pustaka Online, Online Bookstrores, dan lain-lain.
4.    Sebagai komunitas, pengguna komputer dapat melakukan komunikasi untuk saling tukar menukar pendapat dan informasi. 
Dilihat dari fungsi internet, penulis mengetahui bahwa terdapat empat fungsi di dalam internet sangat berpengaruh penting sama hal dari bentuk internet. Dalam hal ini bentuk internet berkaitan dengan fungsi internet. Manfaat dari internet sangat banyak dalam membantu pekerjaan, mencari informasi dan berkomunikasi. 

D.    Manfaat Internet
Menurut Winarno (t.t.:42), ada sejumlah manfaat internet yang banyak memberikan manfaat kepada para penggunanya, antara lain:
1.    Sebagai Media Komunikasi
Komunikasi adalah pertukaran data dan informasi baik yang berupa tulisan maupun gambar (diam atau bergerak).
2.    Sebagai Sumber Informasi
Salah satu kekuatan internet adalah menyediakan fasilitas yang berupa informasi bagi pengujungnya. Fasilitas yang disediakan ada yang berupa tulisan, gambar, file dan program, bahkan berupa film dan artikel buku.
3.    Perdagangan Elektronik
Melalui fasilitas ini perdagangan lebih bersifat efektif dan efisien baik dari segi penjualan, waktu dan tenaga bahkan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari pada perdagangan yang bersifat konvesional.
4.    Hiburan dan Pendidikan
Fasilitas yang disediakan pada layanan ini adalah bermain game secara online, mendengarkan radio tanpa pesawat radio, melihat televisi tanpa pesawat telivisi, melihat film tanpa alat pemutar film serta mencari bahan refferensi.
5.    Pertukaran File
Salah satu kebutuhan pemakai internet adalah saling bertukar file dan dalam pertukaran file pengguna internet dapat menggunakan fasilitas yang bernama FTP (File Transfer Protocol).
Fauzan (dalam Suhardiman, 2011:23), menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali orang yang sudah tahu dan memanfaatkan intenet sebagai sarana untuk menjelajahi dunia maya, walaupun banyak juga orang yang belum mengetahui internet. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan internet pengguna internet harus tahu manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari fasilitas-fasilitas yang ada didalam internet. Terdapat manfaat lain yang dinikmati oleh para pengguna internet antara lain:
1.   Mencari informasi baik di dalam maupun di luar negeri yang berhubungan dengan pelajaran.
2.   Tukar informasi dan pikiran antar pelajar di seluruh Indonesia.
3.   Mengetahui mana informasi yang benar dan salah.
4.   Dapat bersosialisasi dengan orang lain tanpa prasangka membedakan suku, agama, bangsa atau warna kulit.
5.   Sebagai sarana komunikasi efektif dengan pihak lain.
6.   Bisa melakukan konferensi jarak jauh di sekolah maupun di dunia.
7.   Meningkatkan pengetahuan berbahasa global.

E.     Internet Sebagai Media Komunikasi
Dalam kehidupan sehari-hari di zaman yang modern ini, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya komputer dan internet. Internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok, khususnya para masyarakat, yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan internet. Banyak hal positif yang dapat diketahui dari internet, namun banyak pula resiko yang didapat dalam penggunaan internet. Akhir-akhir ini banyak orang menggunakan internet sebagai media komunikasi, selain harga yang murah per bytenya, aksesnya pun lebih cepat. Sebagai contoh media komunikasi seperti e-mail (yahoo, gmail, Plasa, dll), Friendster, Life conector, dll. Ada pula penyedia pengiriman pesan yang instan seperti camfrog, pidgin, (gaim), trilian, kopete, yahoo! Messenger, MSN Messenger, windows live messenger, facebook, twitter dan aplikasi media sosial yang lainnya. Dan tentunya kita harus memiliki acount di masing-masing web penyedia tersebut.
Pengguna internet lebih memilih internet sebagai media komunikasi tentunya untuk saling bertukar pikiran dan berbagi informasi. karena internet tidak membatasi penggunanya dalam hal jarak, kita dapat mengakses internet sampai ke belahan dunia manapun. Selain sebagai media komunikasi, internet juga sering digunakan sebagai media pendidikan, khususnya mahasiswa yang browsing atau mencari informasi tantang pengetahuan umum. Namun itu tidak meminimalisir kemungkinan pelajar setingkat SMA, SMP bahkan Sekolah Dasar (SD) sekalipun menggunakannya sebagai media pendidikan dan pembelajaran.
Walaupun animo di negara kita ini masih kecil para pengguna internet sebagai media pendidikan. Namun kita bisa membudayakan hal tersebut di negara kita. Fungsi internet dalam mengembangkan pendidikan contohnya memberikan contoh-contoh soal Ujian Nasional (UN) yang dapat di akses secara online. Banyak pelajar yang mengaksesnya sebagai latihan sebelum ujian kelulusan.

DAFTAR PUSTAKA:

Daryanto. 2004. Memahami Kerja Internet. Bandung:Yrama Widya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet. Diakses pada tanggal 17 April 2018.
Husein, Muhammad Fakhri. 2002. Aplikasi Komputer Untuk Perkantoran, Jakarta: Salemba Infotek.
Oetomo, Dharma, Budi, Sutedjo, 2002. e-Education : Konsep Teknologi Dan Aplikasi Internet Pendidikan, Yogyakarta: Andi,
Program Studi Teknologi Pembelajaran. 2010. Pedoman Penulisan Tesis. Garut: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Suhardiman. 2011. Skripsi: Pemanfaatan Internet  Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Tangerang. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Talika, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/10933. Diakses pada tanggal 17 April 2018.
Winarno, Wing Wahyu, t.t. Sistem Informasi Manajemen, T.tp. : UPPAMI YKPN.

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN APLIKASI SKYPE

PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN APLIKASI SKYPE Oleh: Arif Saeful Hikmat Dewasa ini perkembangan teknologi semakin maju hingga...